Serial Animasi Dengan Kisah Nyata Yang Tragis

Siapa yang tak suka menonton animasi? Kalian yang lahir di era 90-an pasti tau betul dengan film animasi yang banyak menghiasi layar kaca Indonesia pada pagi hari dan di sore hari. Secara umum film animasi dibuat sebagai tontonan hiburan untuk menemani hari-hari anak kecil. Namun, tidak hanya anak kecil saja yang menyukai film animasi tersebut, melainkan orang dewasa pun menyukai nya. Selain cerita nya yang lucu, karakter setiap tokoh animasi pun berbeda-beda, contoh nya seperti Upin-Ipin yang memegang teguh tentang agama, Naruto yang selalu membela kebenaran dan Doraemon yang memiliki kantong ajaib. Tetapi, siapa sangka ternyata beberapa dari film animasi yang menghiasi layar kaca Indonesia memiliki kisah nyata yang sangat tragis. Beberapa film animasi itu di buat hanya untuk mengenang sang tokoh dalam karakter-karakter yang lucu dan menggemaskan. Dan berikut ini beberapa film animasi dengan kisah nyata yang sangat tragis.

1. Masha and The Bear

Di balik tingkahnya yang lucu dan kerap membuat jengkel, ternyata serial kartun Masha and The Bear menyimpan kisah kelam yang mengangkat karakter Masha dan beruang. Diceritakan bahwa Masha adalah seorang balita yang sangat menyukai sirkus. Saat mengunjungi sirkus, Masha lepas dari pengawasan orang tuanya. Kemudian Masha mengendap-endap menuju sebuah tempat yaitu kandang beruang sirkus. Tragisnya, si beruang sedang kelaparan sehingga dia menganggap bahwa anak kecil yang dilihatnya itu merupakan sebuah makanan. Anak kecil itu adalah Masha. Akhirnya nyawa Masha berakhir dalam kandang beruang yang kini dihidupkan kembali lewat karakter The Bear dalam serial kartun tersebut.

2. Crayon Shin-chan

 

Siapa yang tidak tahu karakter bocah TK satu ini? Terkesan menggemaskan dan menjurus pada perilaku yang porno (terutama bila bertemu wanita dewasa). Karakter Shin-chan digemari masyarakat dunia akibat polah dan tingkahnya sehari-hari yang diceritakan dalam kartun kerap kali membuat sang Ibu kewalahan mengurusnya. Di balik kelucuan setiap ceritanya, kartun ini menyimpan kesedihan dari sebuah kisah nyata seorang Ibu bernama Misae yang kehilangan anaknya, setelah sang anak mencoba untuk menyelamatkan adiknya yang hampir tertabrak mobil dan akhirnya meregang nyawa kedua bocah ini. Setelah prosesi pemakaman selesai, orang tua si anak yang diketahui bernama Shinosuke ini menemukan krayonnya. Meninggalnya Shinosuke cukup membuat sang Ibu depresi dan sangat menginginkan anaknya masih hidup, bahkan Misae kerap kali menceritakan kesehariannya apabila kedua anaknya masih hidup.

3. SpongeBob SquarePants

SpongeBob SquarePants mulai tayang pada tahun 1999 dan masih populer sampai sekarang. Hampir semua anak-anak zaman sekarang tahu semua karkater yang ada dalam film kartun ini. Tapi tahukah Anda asal mula terciptanya serial kartun ini? Film SpongeBob SquarePants dikaitkan dengan pengujian nuklir yang dilakukan Amerika Serikat di Bikini Atoll. Namun dalam film Spongebob, tempat di mana para makhluk laut itu tinggal dirubah jadi Bikini Bottom.

Kembali pada tahun 1946, pemerintah AS meledakan beberapa bom atom di Bikini Atoll, salah satunya dilakukan di bawah air. Ledakan itu menciptakan awan jamur yang tentu saja merusak ekosistem laut. Semua karakter yang ada dalam film Spongebob digambarkan sebagai mutan yang memiliki kelainan pasca uji coba bom nuklir tersebut. Awalnya mereka hidup normal di bawah laut, tapi setelah ada bom nuklir sesuatu yang aneh terjadi. Ada nanas bisa tumbuh di dalam air dan Tuan Krab si kepiting memiliki anak yang merupakan seekor Paus.

4. Pocahontas

Dalam cerita di film animasi disney, Pocahontas digambarkan sebagai wanita pribumi yang berhasil menyelesaikan pertikaian antara orang Inggris dan orang pribumi. Namun, dalam cerita sesungguhnya tidaklah begitu indah. Pocahontas adalah orang pribumi yang sempat dijadikan tahanan oleh pihak inggris, pada masa itu Pocahontas diperkosa berkali-kali hingga hamil. Untuk menutup kehamilan, Pocahontas kemudian dinikahkan dengan seorang petani. Seiring berjalan waktu, Pocahontas akhirnya mengetahui rencana penyerbuan Inggris kepada orang pribumi. Takut rencana mereka terbongkas, Pocahontas akhirnya dibunuh dengan cara diracuni oleh pihak Inggris.

5. Rugrats

Kalau pernah melihat salah satu episode kartun ini, Anda pasti gemas dengan tingkat bayi-bayi lucu yang memiliki dunianya sendiri di kalangan bayi. Namun tahukah Anda di balik kelucuan tingkat karakter-karakter ini terdapat fakta yang sangat tidak terduga? Terkenalnya cerita dalam serial kartun ini sebenarnya diangkat dari cerita nyata salah seorang karakter dalam kartun The Rugrats, Angelica. Angelica dikenal sebagai balita yang nakal. Namun aslinya ia adalah balita dengan imajinasi tinggi karena membayangkan kehadiran bayi-bayi lucu lainnya seperti Chuckie, Tom, dan si kembar Phil dan Lil. Dalam serial lanjutannya, All Grown Up, Angelica nyata bahkan dilaporkan mengikuti jejak sang ibu menjadi pecandu obat-obatan terlarang dan diperparah dengan vonis penyakit yang dideritanya, skizofrenia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>